Manfaat Rahasia Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuh Pria Dan Wanita

|| || || Leave a komentar




Manfaat minum kopi untuk kesehatan tubuh cukup banyak.Walaupun banyak kalangan yang menyarankan agar jangan terlalu sering minum kopi.Manfaatnya sendiri lebih mengacu pada kandungan zat kafein kopi yang dapat meningkatkan kesehatan dan produktifitas kegiatan kita.

Di negara negara maju kopi sangat digemari.Tak heran dulu Indonesia yang kaya akan rempah ini didatangi penjajah dari banyak negara karena akan khasiat rempah ini yang bisa menjadikan tubuh menjadi hangat juga sehat.Saat ini banyak kopi yang disajikan dengan nuansa berbeda,seperti ada creamernya,susunya,bahkan,cokelat juga.Berbeda dengan dulu yang hanya mengandalkan kopi hitam untuk minuman kopinya.



Agar kita tidak ragu untuk minum kopi,mari sama sama kita ketahui dulu apa saja sebenarnya manfaat kopi bagi kesehatan tubuh kita.Berikut ulasannya.

Berbagai Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

dalam meminum kopi setiap hari disarankan agar hanya meminum 3-5 gelas saja perhari.Hal ini karena jika terlalu banyak maka perut tekadang menjadi kembung dan begah.Namun ini hanya terjadi pada sebagian orang saja.Berikut manfaat minum kopi :

1.Minum kopi dapat meningkatkan memory otak kita

Minum kopi sebanyak 2-3 gelas kopi hitam sehari yang mengandung kafein dapat meningkatkan memory otak kita.Baik itu untuk memory jangka panjang maupun memori jangka pendek.Ini bukan tanpa alasan melainkan di dapat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga penilitian terkemuka di Amerika Serikat.Bahkan Pada orang tua yang umurnya sudah sekitar 60 tahunan jika tip hari raajin minum kopi sebanyak 2-4 gelas sehari dapat menghilangkan pikun ketuaannya.

2.Dapat mengurangi stres atau depresi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 menyebutkan bahwa jika kita minum kopi sebanyak 2-3 gelas kopi perhari dapat mengurangi hormon penyebab stres kita sampai sebanyak 15%.Dan jika mita mengkonsumsi sampai 4 gelas kopi perhari maka kadar hormon penyebab depresi bisa berkurang hingga hingga 20 -25 persen.


3.Menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang berbahaya bagi kita.Namun dengan kita rajin mengkonsumsi kopi minimal 2-4 gelas perhari maka resiko terkena  kanker payudara, endometrium, dan kanker hati pada wanita akan menurun.Pada pria minum kopi dapat menurunkan resiko terjadinya pada  prostat.

4.Kopi dapat meningkatkan kinerja juga metabolisme tubuh

Dalam kopi terdapat kafein dimana saat kita minum maka secara perlahan lahan dapat menurunkan atau mempertahankan berat badan pada tubuh kita.Namun untuk orang yang sudah mengalami obesitas tidak disarankan karena akan menyebabkan lebih gemuk lagi jika mengkonsumsi kopi terlalu berlebihan.

5.Kopi dapat menghindarkan kita dari encok

Untuk jangka panjang jika kita rajin mengkonsumsi kopi 3-5 gelas perhari dapat menurunkan resiko kita terkena pentyakit encok lebih dini.Encok sendiri karena adanya asam urat yang menumpuk.Jadi dengan meminum kopi metabolisme tubuh lancar sehingga asam urat yang menumpuk akan lebih berkurang.

6.Dapat mengurangi resiko terkena penyakit Batu empedu

Baik pada pria maupun wanita ,jika kita rajin mengkonsumsi kopi 3-6 gelas perhari dapat mencegah atau menurunkan kita dari resiko terkena batu empedu.Hal ini telah diungkapakan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Harvard University.

7.Meningkatkan Mood Kita

Percaya atau tidak bagi yang suka ngopi,saat kita sedang malas untuk melakukan apapun dan kita segera mengambil untuk minum kopi maka akan dengan segera mood kita akan bangkit dan kita lebih energik lagi untuk beraktifitas.Hal ini dikaitkan dengan kafeinnya yang bisa membangkitakan metabolisme tubuh sehingga mood pun datang.

8.Mengurangi rasa kantuk yang datang

Rasa kantuk biasanya suka datang disaat waktu yang kurang tepat.Untuk menghindarinya cukup dengan minum kopi 1 cangkir saja maka kantukpun akan terusir dan mata kita akan lebih segar lagi.

9.Kopi dapat meningkatkan kerja dan kinerja tubuh kita

Kafein dalam kopi di telah perlihatkan  dalam beberapa studi penelitian dan dapat meningkatkan daya tahandan kinerja jangka pendek. Sebuah penelitian di tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat kafein sebelum latihan dapat meningkatkan  endurance (ketahanan) tubuh, momen stop-and-go dan pada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang. Hal ini juga dapat membantu atlet tampil sempurna selama latihan kekuatan  bahkan ketika kurang tidur  jika dikonsumsi satu jam sebelum latihan pada dosis 4 mg untuk setiap kg berat badan.

10.Kopi kaya akan anti oksidant

 Dalam kopi terkandung akan antioksidant yang baik untuk tubuh kita .Bahkan dalam sebuah penelitian mengemukakan anti oksidant yang terkandung dalm buah dan juga sayurpun masih kalah dengan antioksidan yang terdapat dalam kopi .Jadi jangan ragu untuk minum kopi mulai sekarang. 


       Itulah ulasan mengenai Manfaat kopi untuk kesehatan tubuh kita.Walaupun begitu untuk anda yang mempunyai penyeakit tekanan darah tinggi janganterlalu untuk minum kopi.Karena kafeinnya mampu membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi.Kopi sangat cocok diminum untuk orang normal dan sangat baik manfaat yang bisa diperoleh dari meminumnya.Sekali lagi salam sehat buat Anda semuanya.Wassalamualaikum.


/[ 0 komentar Untuk Artikel Manfaat Rahasia Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuh Pria Dan Wanita]\

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...